Friday, August 17, 2012

OPERASI KATARAK SIAPA TAKUT?

Operasi katarak seperti yang pernah kita baca di berbagai media termasuk di internet media on line adalah operasi yang sudah tergolong operasi ringan, praktis dan mudah. Jargon ini benar adanya. Saya katakan benar karena mata saya sendiri sudah dioperasi pada tanggal 14 Agustus 2011 untuk mata kanan dan tanggal 11 September 2011 untuk mata kiri. Jadi hanya membutuhkan waktu 27 hari paskah operasi mata kanan saya. Normalnya waktu dibutuhkan hanya dua minggu paskah operasi mata kanan lalu disusul dengan operasi mata kiri. Hanya karena ada insiden kecil yang saya alami.


Ketika tengah malam tiba-tiba ada nyamuk yang nyelonong masuk kamar, kemudian nyamuk itu numpang bediri persis di atas alis saya, secara refleks saya memukul nyamuk itu dengan tangan saya. Karena mata saya baru saja dioperasi sehingga masih sensitif menerima rangsangan dari luar sehingga saya rasakan ada sedikit rasa nyeri di mata saya dan ternyata itu adalah awal iritasi kecil yang membuat mata saya harus menunggu dua belas hari lagi untuk penyembuhan.

Sebelum kedua mata saya dioperasi saya menggunakan kaca mata minus 8,5 untuk mata kanan dan minus 7 untuk mata kiri. Perlu diketahui saya memakai kaca mata minus selama kurang lebih 51 tahun, mula-mula hanya minus 1,5 sampai akhirnya mencapai minus 8,5. Dua bulan menjelang operasi saya merasakan bekerja di depan komputer sangat tidak nyaman karena layar monitor harus saya tarik mendekat ke arah saya agar bisa melihat crusor mouse dan tulisan-tulisan di layar komputer, padahal saya sudah bantu dengan kaca khusus baca yang lebih kecil minusnya yaitu minus 4 untuk membaca. Dengan inipun saya masih susah melihat dengan jelas.

Kembali dari tempat kerja saya iseng-iseng browsing di google mencari tahu berapa biaya yang harus saya sediakan seandainya saya memutuskan untuk operasi mata. Banyak artikel yang saya buka waktu itu dengan maksud membandingkan harga yang dipatok rumah sakit yang menyediakan pelayanan operasi katarak. Beragam biaya yang dipatok mulai dari 7,5 juta untuk satu mata sampai 12.5 juta per satu mata. Melihat jumlah biaya seperti itu saya merasa tidak sanggup. Namun saya tidak putus asa saya browsing terus sampai akhirnya saya temukan Web “Klinik Special Mata Dr. Kelvin Alim” yang hanya mematok tarif sejumlah 3,75 juta permata.

Menjelang buka puasa karena memang bulan Agustus 2011 yang lalu adalah bulan Ramadhan saya coba menghubungi klinik tersebut untuk memastikan kebenaran harga seperti yang tercntum di artikel tersebut. Setelah mendapat konfirmasi tentang keabsahan biaya tersebut saya berunding dengan isteri saya meminta dukungan dan persetujuan operasi katarak dengan biaya 3,75 juta permata. Alhamdulillah isteri saya sangat mendukung, akhirnya saya putuskan mendaftar via telpon dan dipersilhkan datang ke esokan harinya sebelum jam 9 pagi.

Alhasil pagi hari jam 05;30 saya sudah berangkat dari rumah menuju Kambangan Jakarta Barat. Saya berangkat lebih pagi karena khawatir macet disamping itu saya belum tahu tempat persisnya.

Sesampai di klinik mata saya di check oleh perawat sebelum Dr. Kelvin Alim Sp.M datang. Selang beberapa menit kemudian Dr. Kelvin Alim datang dan langsung memeriksa mata saya. Hasil pemeriksaan beliau mata saya dapat dioperasi 3 hari kemudian yaitu pada hari Minggu.

Sebelum operasi berlangsung sebagaimana biasa semua pasien yang harus menjalani operasi terlebih dahulu harus check up ke laboratorium meliputi pemeriksaan Gula darah, darah beku, tekanan darah. Hasil pemeriksaan saya hari itu dinyatakan fit untuk operasi mata.

Selanjutnya pada hari Minggu tanggal 14 Agtustus 2011 mata kanan sayapun dioperasi oleh Dr. Kelvin Alim dengan metode “phaco emulsification” sebuah metode operasi dimana mata memerlukan sayatan sekitar 2 mm untuk ruang mengangkat lensa mata yang diganti dengan lensa mata yang akan ditanam (dimplant) dan tidak memerlukan jahitan. Sebelum operasi dimulai mata pasien lebih dahulu ditetesi obat untuk melebarkan kelopak mata dan tetes mata untuk pemati rasa jadi tidak memerlukan pencukuran bulu mata dan penyuntikan obat bius pemati rasa cukup dengan obat tetes saja. Setelah itu pasien masuk ke ruang operasi dengan berpakaian khusus operasi sebagaimana layaknya semua pasien yang akan dioperasi.

Operasi mata hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, hanya karena ketika itu saya agak setres dan tegang, takut gagal sehingga waktu operasi sedikit lebih lama yaitu kurang lebih 30 menit. Wajar dong saya tegang bagaimana kalau operasi gagal berarti jendela dunia akan tertutup selamanya bagi saya. Setelah operasi selesai pasien langsung bisa jalan meski harus dituntun karena penglihatan berkurang karena mata yang baru dioperasi ditutup dengan mangkuk plastik khusus yang diikat dengan plaster untuk melindungi mata dari kemungkinan masuknya debu atau benda lain yang bisa menyebabkan operasi gagal. Pasien tidak perlu menjalani rawat inap cukup rawat jalan saja.

Selama perawatan di rumah pasien tidak diperbolehkan tunduk dan hanya boleh tidur terlentang. Tidak boleh miring ke arah mata yang baru dioperasi dikhawatirkan lensa mata yang baru ditanam (implant) bergeser. Juga tidak diperbolehkan keramas dan mata tidak boleh kena air.

Keesokan harinnya kontrol pertama dilakukan, penutup mata dibuka oleh dokter dan diperiksa dengan alat yang canggih untuk mengetahui apakah mata dalam kondisi baik atau tidak. Kemudian dilakukan test penglihatan. Pasien sudah bisa melihat meskipun masih buram. Selang 1 jam sampai 2 jam kemudian penglihatan sudah semakin baik namun mata yang baru dioperasi masih harus ditutup sampai hari kelima paskah operasi demi pengamanan. Sebelum mata ditutup kembali mata ditetesi dengan obat mata. Lima hari kemudian kontrol terakhir dilakukan, mata diperiksa kembali oleh Dokter. Bila mata dinyatakan sehat tidak ada masalah maka penutup mata dilepas dan pasien sudah bisa melihat secara normal.

Paskah operas katarak kaca mata minus yang setia menemani saya selama 51 tahun sudah dilepas dan pada saat ini bekerja di depan komputer sudah bisa dengan mata telanjang, sudah bisa membaca koran tanpa bantuan kaca mata. Bagi anda yang berkaca minus dan sudah bosan berkaca mata jangan tunggu terkena katarak baru operasi. Periksa mata anda ke dokter mata tentang kemungkinan bisa operasi atau tidak.

Ohh yah, perlu anda ketahui biaya yang saya kelurkan operasi kedua mata saya kurang lebih Empat belas juta rupiah termasuk biaya operasi, harga lensa implant, obat dan konsul dokter. Cukup terjangkau, bukan?.

Bila berminat ini alamatnya: Klinik Specialist Mata Dr. Kelvin Alim Sp.M Telepon: (021) 5890 6823 (Hunting) Email: info@kelvinalim.com Perkantoran Aries Niaga Blok A1 No. 3i Jl. Taman Aries Jakarta 11620, Indonesia (Samping Pintu Tol Meruya 1)

No comments: