Sunday, October 19, 2008

Kebakaran di Komey Room Transocean Legend

Dilaporkan oleh: Solo Mamma

Hari ini Minggu (19/10/2008) sekitar jam 10:30 Waktu Myanmar, tiba-tiba terdengar bunyi alarm terputus-putus diikuti pengumuman dari Control Room memberitahukan bahwa saat ini sedang terjadi kebakaran di Komey Room. Semua personil yang ada di Rig diperintahkan berkumpul di muster station (ruang berkumpul) masing-masing. Selang beberapa menit kemudian muster station sudah dipenuhi kru lengkap dengan pakaian safety (personil protection equipment).


Di Komey yang terletak di bawah drill floor, nampak Fire Team dengan Fire Extinguisher di tangan masing-masing siap disemprotkan kearah sumber api. Terlihat juga Ketua Team Pemadam Kebakaran sedang memegang Slang Air Pemadam Kebakaran mengarahkan slangnya ke arah api. Sementara itu Mr. Ian Carmichael, Barge Master selalu memberikan laporan kepada OIM melalui mobile radionya, tentang situasi di area kebakaran.
Sementara di Anjungan atau pilot station nampak Wyillie Teaukura, Offshore Installation Manager (OIM) didampingi masing-masing oleh Bryan Neils Christian Smithson, Toolpusher, Brian Donaldson, PMS Supervisor, Tsia Hung Young, Rig Safety and Training Coordinator (RSTC) dan saya sendiri sebagai Radio Officer.


OIM dan toolpusher sibuk menerima laporan jumlah personil yang sudah berkumpul di tiap-tiap muster station. Demikian juga di Rig Floor, Control Room, Galley dan di unit-unit service company antara lain unit Geoservices dan unit ROV.

Toolpusher besama-sama dengan RSTC dibantu oleh Radio Officer sibuk menghitung-hitung jumlah personil yang sudah berkumpuldan PMS Supervisor menuliskan kegiatan-kegiatan yang terjadi di papan putih (White Board).


Setelah jumlah personil yang berkumpul sudah cocok atau sudah sesuai dengan jumlah personil yang terdaftar di Personil on Board (POB) maka OIM segera memerintahkan Control Room membunyikan alarm panjang sebagai tanda agar semua personil tanpa kecuali segera menuju ke sekoci penyelamat masing-masing untuk mengikuti Abandon Rig Drill (latihan meninggalkan Rig).

Setelah semua personil lengkap maka bunyi alarm panjang kembali berbunyi atas perintah OIM sebagai tanda Latihan Kebakaran dan Latihan meninggalkan Rig sudah selesai dan dinyatakan sukses. Tak lupa OIM menyampaikan terima kasih atas suksesnya latihan pada hari ini.


Demikian dilaporkan Solo Mamma

No comments: