Wednesday, October 22, 2008

Seorang ABK M.V.Toisa Define di Evakuasi ke Yangon

Foto: Solo Mamma

Hari ini Rabu (22/10/08) sekitar jam 13:21 waktu Transocean Legend (TOL) seorang anak buah kapal (ABK) Warga Negara Filipina diangkat dari Supply Boat Toisa Define ke rig Transocean Legend dengan menggunakan crane dan peronil basket untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan dokter. Setelah pasien diagonase penyakitnya, dokter rig memutuskan pasien harus dibawa ke Yangon untuk menjalani perawatan selanjutnya di rumah sakit Yangon.


Untuk keperluan tersebut maka Drilling Supervisor, Bryan Archibald Houston meminta Pesawat Beechcraft diterbangkan dari Yangon ke Sittwe dan helicopter yang stand by di Sittwe Base diterbangkan untuk menjemput pasien di rig Transocean Legend. Setelah semua persyaratan administrasi sudah dinyatakan siap semua maka pesawat yang diminta tersebut take off menunju ke tujuan masing-masing.

Pada jam 15:12 waktu Sittwe Helicopter ZK-HVM take off dari Sittwe dengan membawa satu orang Dokter dari SOS International lengkap dengan Tandu dan peralatan medis yang dibutuhkan. Dan dalam waktu yang bersamaan pesawat Beechcraft take off juga dari Yangon menuju Sittwe juga dengan berpenumpang satu orang dokter SOS International beserta peralatan medisnya.

Pada jam 15:40 waktu TOL Helicopter ZK-HVM landing di Helideck dan dengan sigap Crew Rig yang terdiri dari Helicopter Landing Officer (HLO), satu orang Crane Operator dibantu beberapa orang Roustabout dan Painter. Team evakuasi ini dipimpin Mr.Ian Carmichael, Rig Barge Master. Kurang lebih dua puluh menit helicopter dalam keadaan running mesin menunggu pasien ditangani doctor maka pada jam 16:01 helicopter terbang kembali ke Sittwe dengan perkiraan tiba di Sittwe jam 16:26. Selanjutnya pasien diterbangkan ke Yangon dengan pesawat Beechcraft.


Foto: Solo Mamma

Demikian dilaporkan oleh Solo Mamma dari Rig Transocean Legend.



4 comments:

Anonymous said...

Pak Solo, gmn khabar? wah saya lg asyik buka blog bapak karena rindu akan artikelnya. Saya mengucapkan Selamat tahun Baru 2009, semoga bapak sehat dan sukses di tahun yang baru. Tetap menulis dengan artikel yang makin asyik. dari Eddi Suwandi, TO Jack Bates, Lhoksumaweh Aceh.

Unknown said...

Terima kasih komennya pak Eddi, kami semua baik-baik saja. Semoga pak Eddi besereta semua crew OBU di JB sehat-sehat semua dan sukses di thn 2009 met tahun baru.

vontius said...

Horas, Pak SOM..!

Saat menulis komentar ini hati saya dipenuhi rasa takjub dan syukur, karena entah bagaimana tadi mulanya saya kok bisa sampai ke blog ini, akhirnya saya menyadari tentunya itu semata karunia dari Sang Pencipta.
Pak SOM (maaf saya menyebut nama bpk begitu krn teringat dulu begitulah saya biasa akrab memanggil), yang sudah lama tak berjumpa tak kurang 10 tahun lalu.
Yang menjadi rekan kerja saya semasa dulu bekerja di PT.Elnusa Ehaesindo antara tahun 1995 s/d 1999.
Saya tak menyangka pak SOM yang sdh cukup sepuh (dalam artian positif) dengan latar belakang non-IT (memang saya tahu persis bhw dulu bpk menunjukkan minat yg sgt tinggi dibidang komputer), setelah 10 tahun kemudian malahan lebih aktif berkiprah di dunia kerja yang ditekuni, menerapkan komputer/IT dalam kegiatan sehari2nya, dan justru berkelana melancong melanglang buana ke negeri2 asing, wah ini namanya "tua-tua keladi" (dalam artian positif).
Tidaklah seperti saya ini, walaupun berpendidikan Komputer, harus cukup puas dengan kondisi saya sekarang yang mungkin belum sesuai dengan harapan (namun demikian saya sungguh merasa bahagia dan sepenuhnya mengucap syukur), belum banyak berubah/meningkat dari yang dulu pak SOM tahu, rasanya saya terpuruk di PT.Medcom ini sdh 10tahun dengan jenis pekerjaan yang tak jauh berbeda.
Puji Tuhan, figur pak SOM rasanya membuka hati saya untuk tetap semangat/optimis dan mensyukuri segala karuniaNya.

Salam,
Vontius.S

Unknown said...

Horas Vontius,

Sungguh suat kebahagian yg menghigapi persaan saya di pagi hari yang cerah ini tiba-tibe Tuhan YME kembali mempertemukan kita walau di dunia maya namun tidak mengurangi rasa bahagia saya dapat kembali berkomunikasi lewat teknologi Informasi setelah dalam renta waktu 10 thn suatu kurung yang tidak singkat.

Yah begitulah perjalanan hidup VON, kita tidak bisa membayangkan bagaimana semua itu bisa terjadi dan itulah takdir yang sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Apalagi saya juga tidak pernah berfikir atau bermimipi untuk bisa berlang-lang buana ke negeri seberang apalagi usia saya yang sudah semakin sepuh bahkan sudah sepuh malah.

Mengenai Blog itu buah dari keisengan semata karena sebelumnya saya tidak mengerti apa sesugguhnya blog itu. Untuk itu saya juga sdh tulis dalam Blog saya itu awal mula perkenalan saya dengan dunia Blog.

Saya sangat senang VON bisa menemukan saya melalui Blog semoga pertemuan kita bisa lebih intensive lagi walau didunia maya. Kalau ada waktu kita bisa berkomunikasi lewat Yahoo Massenger dengan Chat, silakan click saya di YM dengan email : solmayes@yahoo.com.

VON memanggil saya dengan sebutan SOM sebuah nama yang sangat melekat pada diri saya dan sdh 10 thn itu ngak ada lagi yg menyapa saya dengan panggilan akrab itu. Pada hal nama itu sdh melekat pada diri saua sejak thgn 1973 ketika untuk pertama kalinya bergabuing dengan PT. ELNUSA. Terima kasih atas panggilan itu.

Oh iya salam hangat buat teman-teman yang ada di Medcom mungkin pak Gembong masih disana yah salam hangat buat beliau.

Salam
SOM