Thursday, November 29, 2007

Mengenal Blog

Solo Mamma menuliskan perkenalannya dengan blog.

Perkenalan saya dengan blog dimulai ketika saya mencari seorang tokoh yang sempat amat terkenal. Namanya juga menghiasi pemberitaan media cetak tidak terkecuali media on line menjelang dan paskah didepaknya dari deretan anggota kabinet Indonesia Bersatu.

Nama tokoh yang saya maksudkan itu adalah Yusril Ihza Mahendra. Saya ingin membaca Profile beliau. Maka saya iseng-iseng menuliskan namanya di Telusuran Google.co.id. lalu mengklik dan tiba-tiba berhenti setelah nama yang saya tuliskan ditemukan. Disitu tertulis “Yusril Mulai Keranjingan Blog – Kompas Cyber Media”.
Saya klik situs itu, dan ketika terbuka saya menemukan paragaraph berikut ini :” Bukan hanya kalangan blogger yang melek dunia teknologi informasi yang menggemarinya, mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mehandra pun mulai keranjingan blog. Yusril, kelahiran Belitung 5 Februari 1956, memiliki alamat http://mahendra-ihza-yusril.blogspot.com/. “
Ketika selesai membaca paragraph pertama dari tulisan itu, saya tidak lagi tertarik membaca seluruh isi pemberitaan mengenai kegiatan baru Yusril Ihza Mahendra sebagai Blogger pendatang baru. Tapi yang saya lakukan adalah langsung mengklik di paragraph itu juga http://mahendra-ihza-yusril.blogspot.com/. Segeralah nampak Kata Pengantar yang beliau tuilskan dalam peluncuran blog itu pada paragraph akhir yang mengatakan “Akhirnya, melalui blog ini, saya akan mencoba untuk menuangkan pemikiran-pemikiran saya, perasaan saya dan tanggapan saya terhadap berbagai peristiwa kemanusiaan yang terjadi di sekitar kita. Saya mohon maaf, kalau nanti saya mengemukakan hal-hal yang menyangkut diri saya sendiri. Untuk berkomunikasi, saya mengajak menggunakan Bahasa Indonesia, Malaysia, Inggris dan Tagalog. Saya dapat berbahasa Cina dialek Hakka dan sedikit Mandarin. Juga sedikit Bahasa Arab dan Urdu Namun saya mohon, agar kedua bahasa terakhir ini tidak digunakan dalam komunikasi di blog ini. Saya juga tidak mampu berkomunikasi bahasa tulisan dengan menggunakan huruf Cina”.
Penemuan Blog Yusril Ihaza Mahendra inilah yang mengusik keinginan tahuan saya tentang blog. Akhirnya saya kembali iseng dengan menuliskan kata blog pada Telusuran google.co.id. lalu mengklik telusuri dengan google, berhenti pada saat tulisan blog ditemukan. Kemdian saya mencoba klik lagi “Blogger: Create Your Blog Now -- Free” Ternyata adalah petunjuk membuat blog. Saya ikuti petunjuk blog sebagaimana yang dianjurkan dan jadilah sebuah blog yang amat sederhana buah dari ke isengan, seperti yang anda lihat ini. Itulah awal perkenalan saya dengan blog.

Adhi Ksp menulis di beranda t4 Berbagi di http://www.pepihnugraha.blogspot.com/: "Apapun yang ditulis di blog, langsung dapat dibaca jutaan orang di dunia berkat internet"

Saking awamnya saya di dunia Maya khususnya blog ini, maka kalimat diatas sengaja saya kutip kembali dengan pertanyaan, bagaimana sesorang bisa membaca blog yang kita bangun sementara blog yang kita buat belum diperkenalkan kepada orang lain.

Beda halnya kalau seorang tokoh sekelas Yusril Ihza Mahendra, blognya bisa diketemukan bukan karena sengaja membuka blognya tapi dengan menuliskan namanya saja sudah bisa ditemukan di beberapa Media on line baik karena tulisan-tulisannya maupun pemberitaan darinya.

Saya sungguh-sungguh memerlukan jawaban dari para ahlinya atau siapa saja yang berbaik hati membantu saya menjawab pertanyaan ini.

No comments: