Tuesday, January 29, 2008

Jurnal Hari Keempat belas Pelayaran




Hari ini (30/1/08) siang Rig Transocean Legend bersama Maesk Champion melaju dengan kecepatan rata-rata 5.9 knot/jam. Dibawah cuaca yang sangat cerah, awan putih hanya terlihat berseliweran di kaki utara langit. Tak sebongkahanpun awan putih bergelayut diatas kami. Langit biru terang menaungi perjalanan.

Angin berhembus dengan kecepatan 12 knot/jam dari arah utara timur laut, dibawah suhu udara 31º celcius dengan jarak pandang 12 NM. Sebagaimana waktu yang direncanakan Rig akan tiba di lokasi pada tanggal 2 Februari 2008, jam 00:00 tengah malam waktu WITA. Posisi Rig saat ini 15º 07.6' LU dan 118º 25.0' BT di sebelah barat Pulau Luzon pada kedalaman air 3.000 meter.

Hanya insiden kecil terjadi kemarin malam ketika dua orang kru masing-masing seorang Tukang Las (Welder) dan seorang Roustabout yang akan bertindak sebagai pengawas api (Fire Watcher) pada saat sedang turun ke kolom melalu salah satu kaki Rig dengan menggunakan Elevator. Ditengah perjalan turun elevator tiba-tiba mogok. Untung salah seorang membawa Handy Talky sehingga dapat memanggil Rig Electrician untuk memperbaikinya. Maka selamatlah kedua kru itu turun sampai kelantai dasar kolom.

Transocean Legend, 30/01/08

No comments: