Sunday, January 27, 2008

Jurnal Hari Kesebelas Pelayaran

Semalam semua kru menunggu sirene berbunyi sebagai isyarat akan diadakannya latihan simulasi penangkalan serangan Bajak Laut. Sesuai dengan rencana yang sudah diinformasikan sehari sebelumhya. Namun seiring dengan semakin larutnya malam isyarat akan adanya latihan simulasi tak kunjung ada. Satu persatu kru yang akan tugas siang masuk kedalam kamar masing-masing bersiap untuk tidur. Sampai hari menjelang pagi sirena yang di tunggu-tunggu tidak kunjung mengaung.


Hari Minggu biasanya secara rutin latihan simulasi penanggulangan kebakaran dan meninggalakan rig pada situasi darurat juga ditunda sampai besok hari Senin (28/1/08).
Yang terdengar justru pengumuman dalam bahasa Inggris yang disampaikan langsung oleh OIM sendiri. “Attention…attention…All drilling crews and deck crews come to recreation room for safety briefing” diikuti pengumuman dalam bahasa Indonesia yang dalam hal ini aku sendiri yang melakukannya. Semua kru berkumpul pada jam 10:00 pagi tadi di ruang rekreasi termasuk aku.

Briefing dibuka oleh OIM lalu diteruskan oleh Rig Safety and Training Coordinator (RSTC). Selama dua jam presentasi Manajemen Keselamatan Kerja berlangusng. Banyak kru terlihat mengantuk tidak bergairah mengikuti jalannya presentasi. Mungkin mereka menganggap bahwa materi itu sudah berulang-ulang disampaikan pada setiap akan memulai suatu proyek baru. Hal demikian memang disadari, tetapi sebagai penyegaran kembali bagi kru dimana rig adalah suatu tempat kerja yang sangat rawan atas kecelakaan.

Dilaporkan bahwa pada hari ini (27/1/08) Posisi kami masih berada di sebelah barat Pulau Palawan, Philipina, yaitu pada kordinat 9º 26.9' LU dan 117º 08.7' BT. Kedalaman air saat ini 2050 meter. Patut disyukuri bahwa selama pelayaran berlangung cuaca sangat bersahabat. Langit cerah dengan warna khasnya yang biru berpadu dengan air laut dengan warna yang sama. Riak-riak air putih berkilauan diterpa sinar mentari. Suhu udara di laporkan hari ini berkisar 28º celcius, Angin bertiup dari arah Utara Timur Laut dengan kecepatan 22 knot/jam. Jarak yang telah ditempuh selama 10 hari ini sudah mencapai 1.030,3 NM.

Demikian Jurnal hari ini 27/1/08

No comments: