Thursday, January 17, 2008

Transocean Legend Siap Memulai Petualangan Baru

Hari ini (17/01/08) Rig Transocean Legend genap delapan hari di depan pantai galangan kapal Jurong, Singapura setalah selesai docking selama tiga puluh lima hari di galangan kapal Jurong, menunggu diarak membelah laut China Selatan menuju lokasi pemboran minyak lepas pantai di perairan China kurang lebih 250 km sebelah selatan Central Hongkong.


 Kali ini Rig Transocean Legend akan melakukan pengeboran explorasi minyak dan gas bumi pada kedalaman lebih kurang 2.000 meter dibawah permukaan lair laut, dibawah kontrak Duvon Energy, sebuah perusahaan minyak dan gas bumi dari Amerika Serikat.

Jangkar akan mulai diangkat esok hari tanggal (18/01/2008) pagi hari, molor dua hari dari waktu yang direncanakan. Pelayaran kali ini bertolak dari pantai Jurong, Singapura menyusuri perairan pantai Kalimantan Utara terus naik ke utara menyisir pantai Kepulauan Pilipina.

Pelayaran menyusuri pantai ini dilakukan untuk menghindari terpaan angin badai dan gelombang ganas yang sewaktu-waktu datang menerjang, selain dimaksudkan agar evakuasi mudah dilakukan bila terjadi keadaan darurat. Apabila dekat dari pantai.

Tentu bukan karena trauma dengan terpaan badai seperti yang dialami di penghunjung tahun 2007 lalu, tapi semata-mata demi keselamatan kru yang berjumlah 81 orang terdiri dari berbagai bangsa.

Jurnal selanjutnya menyusul.

No comments: